Kamis, 15 Juli 2010

Hamzter Jenis Apa yang Anda Miliki?

Pada umumnya jenis hamster terbagi menjadi empat, yaitu hamster Syrian, hamster Russian Dwarf, hamster Chinese atau Chinamon dan jenis hamster Roborovski. Hamster Syrian adalah jenis hamster yang paling besar. Ukuran maksimalnya bisa mencapai 27 cm. Hamster Russian Dwarf adalah jenis hamster yang ukurannya lebih kecil/mini. Merupakan hamster yang memiliki kaki dan ekor yang pendek dengan panjang maksimal antara 2-3 inci. Type hamster Russian Dwarf ada dua, yaitu hamster Campbell yang merupakan jenis yang paling banyak dijual di pet shop selain jenis Syrian. Memiliki variasi warna yang sangat beragam. Karakter utamanya suka menggigit jika tidak sering dipegang. Jenis hamster Russian Dwarf kedua adalah hamster Winter White, hamster jenis ini di alam aslinya bisa berubah warna menjadi putih ketika musim dingin. Memiliki bentuk yang lebih gendut dan gerakan yang lebih lambat dibandingkan jenis Campbell. Selain itu jarang sekali menggigit bahkan tidak pernah sama sekali. Jadi sangat cocok untuk dipelihara oleh anak kecil. Hanya saja warnanya tidak sebanyak variasi Campbell atau type Syrian. Jenis ketiga adalah Chinese Hamster atau biasa disebut Cinamon. Bentuknya hampir mirip dengan tikus, karena ukurannya yang panjang dan ekornya yang agak panjang tapi tidak sepanjang tikus. Termasuk jenis yang sulit untuk dijinakkan. Dan jenis yang terakhir adalah hamster Roborovski. Hamster yang paling mini karena panjang maksimalnya hanya mencapai 5 cm. Hamster jenis ini sangat gesit dan sangat sulit untuk dipegang. Memiliki dua type yaitu normal dengan ciri khas terdapat warna putih di atas matanya seperti alis orang tua dan white face (muka putih) dengan warna punggung yang lebih muda dibandingkan warna coklat pada punggung jenis normal.


Syrian

Russian Dwarf

Chinnese Hamster


Roborovski

Dan sebenarnya masih banyak jenis laiinya...saya sendiri masih terus mencoba mempelajari jenis2 Hamster. Dan sebenarnya 4 jenis2 ini masih terbagi dalam beberapa jenis lagi yang lebih spesifikasi... untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini....





NB : Saya punya hamster sama persis dengan Black Campbell...tapi yang saya heran, sewaktu di Pet Shop, disana tertulis Black Saphire, bukan Black Campbell...
Lebih bingung lagi... Hamster Campbell Normal Betina saya kawin dengan Hamster Campbell Argente Jantan, dan anaknya warna jadi seperti Campbell Opal... Hehehehe... Hanya Dari kelima anaknya, di leher bagian punggungnya ada seperti syal bulu berwarna puti nya.. Hanya satu yang benar-benar mirip Campbell Opal, polos tanpa syal putih....



NB : Saya pernah punya sepasang Roborovski white face (gambar paling bawah kiri). Dan memang Hamster Jenis Robo ini sangat lincah dan sangat sulit ditangkap... Jadi sehingga waktu saya dan pacar saya mau membersihkan kandangnya, kami sangat kesulitan menangkapnya...
Dan seperti yang saya baca, Hamster jenis ini sangat susah 'berhubungan'...
Dan beberapa bulan kemudian Robo ini tidak terlalu takut dengan bau saya lagi... Ketika saya mengulurkan tangan dan memberi makan, mereka sudah mau mendekati... Pada waktu saya dan pacar saya membersihkan kandang pun, ketika tangan saya masuk, mereka mendekati (mungkin mengira saya mau memberinya makan)...
Tapi enggak tau kenapa, tiba2 salah satu Hamster Robo ini memakan pasangannya sampai bentuknya mengenaskan. Terus tidak sampai beberapa lama kemudian yang satu lagi juga mati... Proses matinya juga aneh....









Tidak ada komentar:

Posting Komentar